Akhirnya setelah frustasi karena masa kontrak abis di LAZADA gue dapet kesempatan untuk kembali menyibukan diri gue ini yang emang terlahir untuk tidak pernah istirahat dan menjadi diam di event Jakarta International Jazz Festival 2012 atau yang lebih akrab didengar JakJazz 2012.
Setelah melalui proses pendaftaran via web, kirim cv via email, kirim foto juga ke pihak panitia akhirnya gue mendapatkan email yang berisikan bahwa gue lolos menjadi volunteer JakJazz 2012 dan diharapkan datang briefing di daerah tanah kusir.
Dan tepat pada waktu briefing, gue sama diva teman gue yang lolos juga berangkatlah ke kantor managementnya, ternyata disana ada fitra teman satu kampus dan organisasi juga. Ya singkat cerita setelah menunggu 30 menit para panitia datang dan saat briefing kita dibagi kedalam 3 kelompok.
Gue dan diva tergabung dalam kelompok yang pertama kali dipanggil, ternyata kelompok pertama itu adalah anak-anak yang terpilih masuk divisi Artist Crew, Media Partner, dan Food&Beverage Booth. Pas tau itu gue langsung berbisik ke diva "div gue pengen deh jadi artist crew"
Mungkin Tuhan menjawab doa gue kilat, karena yap benar gue masuk ke Divisi Artist Crew. Rasanya senang bener, gue langsung mengingat ada artist siapa aja yang tampil di JakJazz dan gue pengen bilang detik itu juga sampai ketemu dijarak kurang dari 1 meter denganku hahahahahaaa.
Dan hari H pun tiba,
pembagian job sama tim artist crew pun dimulai, gue mendapat job memegang stage 2 untuk hari 1 & 3 sedangkan dihari kedua gue mendapat job untuk standby di ruang konsumsi artist international.
Seusai briefing gue mulai menelpon manager artist yang akan tampil pertama di stage 2, tak lupa kubawa aqua dan konsumsi crew ke stage 2. Hari pertama ada 2 penampilan di stage 2, yang kebetulan gue hanya tau artist-artist di penampilan kedua. Sungguh yang gue rasakan itu seperti permen nano-nano, pengalaman pertama jadi volunteer musik langsung dapet job untuk megang artist itu terlihat WOW di depan tapi saat dijalankan itu sangat-sangat HUF.
Di hari pertama, gue udah berhasil dikerjain sama manager artist. gue udah keliling istora lebih dari 5x mungkin hanya untuk memenuhi suruhan dari sang manager artist dan yang lebih nyeseknya lagi kenapa artistnya itu senyumnya mahal sekali padahal kalo senyum sedikit aja gue pasti semangat sekali kerja :D (oh iya for your info, stage 2 hanya diisi oleh artist lokal)
Setelah selesai gue muter-muter istora, duduklah gue dibelakang stage dengan kaki yang udah ledes dan badan rontok muka mesem, sang manager artistnya pun menghampiri gue "panitia apa volunteer kamu?" gue jawab dengan lesunya "volunteer mas" dan dia jawab dengan kagetnya "ooooh volunteer" mungkin dia iba gue hanya volunteer tp dia udah membuat gue hampir abis napas. Lalu setelah itu dia ngomong "udah santai ajaa" dalam hati gue ingin memaki hahaha yaiyalah santai aja wong gue udah lakuin apa yg lo pengen dan semuanya udah beres ya waktunya santai laaaah. bisa banget manager artist yg satu ini
Setelah stage 2 kelar gue berniat nonton incognito di stage 1, berhubung gue artist crew gue tunggu sajalah di zona wilayah artist dan duduk didepan ruang makannya, karena dari situ gue bisa masuk eksklusif via pintu samping atau langsung aja ke backstage. Karena badan yang udah remuk gue duduk menunggu bersama teman sedivisi gue sambil melihat artist incognito lalu lalang didepan meja gue, sambil latihan nyanyi. sungguh gue merasa eksklusif sekali melihat pemandangan itu.
Gak lama kemudian mereka tampil dan gue masuk ke stage 1, ternyata stamina gue udah gak sanggup dan baliklah gue duduk didepan ruang makan artist lalu tertidurlah gue disana sampai diva membangunkan gue dan ngajak untuk balik.
Pengalaman pertama di hari pertama yang sungguh melelahkan....
Hari kedua pun dimulai
Untungnya volunteer disuruh kumpul di istora jam 3-4sore jadi masih ada waktu gue buat leha-leha, masih bisa ke PS bareng diva dan ignas (ignas itu temen seteam gue, anak atmajaya, berbadan besar, dan berkulit hitam. bayangkanlah sendiri) Hari ini karena tugas gue hanya standby di ruang makan artist gue merasa santai-santai aja dan emang kenyataannya lebih santai dari kemarin.
Tugas gue lebih disibukan sama mondar-mandir untuk ngambil beer dari ruang panitia dan memberikannya ke LO artist, bebenah ruang artist biar rapih. Dan oh iya gue lupa juga ngejelasin kalo gue juga kebagian tanggung jawab dari media partner untuk membantu wawancara artist sama pihak sponsor. jadi ya gue konfirmasi kepihak sponsor dan manager artist. Jadi dihari kedua ini gue walaupun bebas tugas megang artist lokal tapi gue juga kebagian tanggung jawab buat ngurus wawancara artist stage 1. Yaa kebetulan gue ngefans banget sama mereka semua (ngefans gak yaa setelah ketemu?)
ngurus wawancara artist itu susah loh, giring mereka ke tempat wawancara itu penuh cobaan.
1. Banyak fans yang minta foto, jadi menghambat perjalanan
2. Manager artist suka jutek jadi ya gitu deh harus penuh kesabaran
3. Jalan bareng artist ke tempat interview dimana artistnya mahal senyum itu bikin pengen nangis
Dihari kedua ini gue ngurus 2 artist yang harus diwawancara (tetap gue sensor detailnya)
yang pertama band jadi rame-rame, yang kedua gue cuma ambil pentolannya aja hahahaa
artist pertama itu managernya agak jutek agak baik agak-agak deh pokoknya dengan jumlah artist yg banyak yang ramah hanya 1 orang (sedih yaa) disini gue liat managernya agak "keras" sama artisnya jadi pas dibilang wawancara mereka manut dan langsung ngebuntut gue dan manager artist, tapi saking banyaknya fans band yang satu ini ya gitu deh lama diacara foto-foto
Lalu artist kedua, managernya super duper ramah dan dia yang paling ramah. artisnya sih tetep ya boook no senyum padahal gue udah mencoba mengajak main anaknya :'( hahahahahaa. Kerjaannya manager artist yg ini minta maaf terus, minta maaf kalo artistnya ngelayap dulu liat ini itu selama perjalanan ketempat interview, minta maaf kalo artisnya lagi kurang fit badannya, minta maaf deh kayak mpok mineh bajaj bajuri
Hari ketiga dimulai
kembali mengurus stage dengan 3 penampilan, menyemangati diri sendiri "BISA VA BISA VA BISA"
Dimulai dengan penampilan pertama yg namanya kurang familiar ditelinga gue tetapi pas gue ke stage ternyata heeem artist-artist didalamnya sangatlah ngetop hahahhaaa.
Dan yang lucu dan gobloknya dari gue, gue tau artist tersebut tapi gue gak afal muka. jadi pas mereka ganti baju di backstage otomatis gue jagain dong kayak satpam didepannya. nah ada personil yg nanya "didalem ada siapa?" trus dengan polosnya gue jawab "ada 2 cewek ganti baju, personil juga kok" pas gue menyadari yg didalem itu artist "onoh" gue langsung ngejleb sendiri dan berpikir apa yang dipikirin sama orang tadi yaa pas gue tanya itu heeeeeem
tetapi gue seneng banget ngurus penampilan pertama ini karena artist-artisnta ramah-ramah sekali, dan gue akuin dari semua artist yang gue pegang merekalah yang paling ramah. TOP deh
dan penampilan kedua ini sebenernya yang gue nanti-nantikan, karena artist muda lagi naik daun gitu deh ramah banget lagi kalo diliat di TV friendly abis gitu dan kebetulan junior gue demen banget sama dia. gue diminta untuk minta voice note si artist kan. selama gue disini gue udah gak napsu foto-foto sama artist yang gue pegang karena bawaannya dr ngefans jadi gak respect nah ini gue disuruh minta voice note lagi.
Jadi dari awal gue mencoba lebih bersahabatlah buat artist ini, pas awal dia dateng bersama teman dan ibunya melihat sorot matanya langsung lah gue mengambil kesimpulan artist ini sama aja seperti yang lainnya. Buyarlah semua anggapan gue yang baik-baik tentang dia pupus sudah, dan terbukti ketika mendekati waktu tampil dan gue di backstage berukuran 2x2 bareng dia beserta team. sambil mengurus aqua untuk mereka tampil diselingi dengan nyinyiran dan keluhan keluhan si artist ini rasa-rasanya aqua ditangan gue pengen banget gue sembur ke wajah doi....(sumfeeeh ini ane jujur) tapi tetep harus sabar walau hati emosi
menunggu doi selesai tampil itu gue berkecamuk gimana caranya gue minta voice note doi, walaupun gue udah bbm junior gue kalo gue gak janji karena artist yang dia idolain itu resenya minta ampun.
pas selesai tampil seperti biasalah banyak yang mengerubungi untuk wawancara dan interview, kemudian gue jagain dia lah ganti baju yang digantiin nyokapnya di backstage. disitu gue masih mikir gimana caranya gue minta voice note ke dia. sampai pada akhirnya saat gue harus ngurus dia wawancara, lewatlah gue di zona ruangan artist yang tentunya sepi gak crowded dengan sikap sebodo amat gue bilanglah gue sambil langsung menyodorkan BB gue ke mulut dia "Kak **** junior gue ngefans banget sama lo voice note ke dia dong" dan akhirnya gue dapet suaranya dia untuk junior tercintaaa.
Lanjut ke penampilan ketiga dan artist gue ini artist penutup jadi ada sekitar 6 artist mungkin berkolaborasi, dan karena ada gangguan dari konser seberang karena konser aliran keras alhasil stage gue dipindahin ke stage 3 setelah glenn fredly tampil. Sebenernya gue sedih banget gak megang glenn fredly, gue ngefansnya sama dia doang abisnya di acara ini. dan pas tau dia ramah banget bikin gue tambah ngefans.
Alhasil gue standby di stage 3 itupun glenn fredly belum kelar, karena artist gue banyak di penampilan ke 3 ini gue jadi linglung harus gimana. satu artist udah hadir nunggu di backstage, yang satu lagi minta ruangan dan butuh kaca buat dandan padahal cowok loh, yang satu lagi udah tua kerjaannya mondar-mandir jadi gue disuruh buntutin dia kemana biar tetap aman terjaga, tantangan banget deh ini, ada artist yang ngambek balik ke mobil karena jadwalnya keundur akibat pemindahan stage sampe gue harus nyari di parkiran mobil dia yang mana untuk konfirmasi kembali ke dia urutan tampilnya dimajukan.
Dan setelah panggung dimulai gue pun merasa tenang, akhirnya pekerjaan gue di jakjazz selesai juga HAHAHA
Ikut acara ini banyak banget suka dukanya, sebenernya suka lah untuk mengurus artist-artist yang gue tanganin (Dewa Budjana, Tohpati, Bawayan, Mike Mohede, Monita Idol, Vidi Aldiano, Ireng Maulana, Mus Mudjiono, Andien, Afgan, Tompi, Maliq & d'essentials dll yang gue lupa namanya) asalkan lo enjoy aja pasti lo ngerasa seneng banget. Mungkin tulisan gue diatas terlalu banyak keluh kesahnya hahaha sebenernya gue cuma lagi mau menggambarkan di sisi kekecewaan gue sama sikap artist-artist lokal. Hari kedua gue lebih banyak bertemu dengan artist international seperti Mezzoforte, Boris, Tetsuo, crackerjacks, dll dan mereka sangat ramah melihat kita tersenyum. mencoba mengajak bicara, sampai dimana gue lagi ngecharge dan gue duduk dilantai ada salah seorang artist international bertanya kepada gue kenapa gue senang duduk dilantai dan kemudian dia ikut duduk di lantai melihat apa yg ada dibalik taplak meja didepan gue sampe gue senang duduk dilantai. Hal simple tapi membuat gue beribu-ribu respect sama artist tersebut.
Tetapi overall gue enjoy banget bisa tergabung diacara ini, bersama seluruh staff Sharkindo Komunika, teman-teman volunteer, membuat gue merasa jauh lebih percaya diri dan senang menikmati perjalanan hidup gue.
yaaa satu kata sih tetep yaaa "Artist International jauh lebih ramah dari artist lokal" hahahahaa walau gak ngejudge semuanyaa, karena glenn fredly ramah kok hahaha tetep yaaaa mike mohede apalagi sebelum pulang nyamperin gue dan menjabat tangan gue lalu bilang "terimakasih yaa tetep semangat kerjanya" satu lagi monita idol yang murah senyum sekali hahahahaa.
Okelah sekian terimakasih mungkin gue udah cukup "buka-bukaan"
No comments:
Post a Comment